LP3A
Universitas Muhammadiyah Malang
LP3A
Universitas Muhammadiyah Malang

PENINGKATAN KAPASITAS SDM UNTUK MENUNJANG KINERJA INSTITUSI

Author : Administrator | Kamis, 21 Juli 2016 11:22 WIB

 


“PENINGKATAN KAPASITAS SDM UNTUK MENUNJANG KINERJA INSTITUSI”

oleh : LP3A UMM

Jum’at, 24 Juni 2016

 

Jumat lalu, Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3A) Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Kajian internal dengan tema “Peningkatan Kapasitas SDM untuk Menunjang Kinerja Institusi”. Hadir sebagai pemateri, Dra. Nurul Asfiah, MM., aktivis perempuan untuk Kesetaraan Gender. Kajian yang dihadiri oleh pengurus beserta tim kerja LP3A ini tak lain bertujuan untuk memberikan pandangan, khususnya bagi tim kerja yang baru saja dilantik, tentang isu yang menyangkut perempuan dan anak.

Dalam kajian tersebut Bu Nurul (panggilan akrab Dra. Nurul Asfiah, MM), memberikan pandangan yang lebih luas menyangkut isu global yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Didalam SDGs terdapat 17 isu yang telah disepakati dunia, antara lain adalah tentange konomi, lingkungan dan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender.

Tidak hanya itu, Beliau juga membahas tentang masalah yang saat ini dihadapi oleh manusia Indonesia. Masalah tersebut adalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kekerasan.Menurut Beliau, inilah yang menjadi dasar kerangka piker Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) yang harus diperjuangkan oleh LP3A. Bentuk perjuangan tersebut dapat berupa: 1) kegiatan-kegiatan Pengarusutamaan yang menyangkut isu gender dan anak; 2) Kegiatan Rintisan yang berupa adopsi model kebijakan; 3) dan program Penguatan Kelembagaan, dalam hal ini LP3A dituntut untuk menjadi gender machinery.

Dalam perjuangan tersebut penting bagi LP3A untuk dapat bekerjasama dengan instansi terkait seperti kementerian/lembaga, pemerintah dan masyarakat. Hasil dari perjuangan tersebut dapat berupa kebijakan, program, dan anggaran yang pro/responsive Gender dan peduli Anak.

Akhir kata, lembaga ini diharapkan dapat menjadi fasilitator, Pusat kajian tematik, serta sebagai Pusat Pengembangan Konsepdan Pendekatan Baru khususnya yang menyangkut tentang dunia perempuan dan anak. (NH)

1542
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image